01/09/2014

SKRIPSI. Identifikasi Jenis Tumbuhan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Bubur Kanji Khas Aceh (Ie Bu Peudah) Di Gampong Lampaya Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar”.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Masakan Bubur Kanji Khas Aceh (le Bu Peudah) ada sejak masa awal islam masuk ke Aceh sekitar abad XII Masehi. Kala itu, banyak orang india bermukim di Aceh dan saat itulah mereka meramu ie Bu Peudah untuk berbuka puasa bersama.
Ie Bu Peudah merupakan makanan khas orang Aceh, jenis makanan ini khusus diolah dan dipersiapkan untuk berbuka puasa baunya harum dan rasanva seperti jamu karena dalam makanan itu telah dibubuhkan berbagai rempah-rempah, makanan ini dapat menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja dengan rasanya yang enak namun juga dapat menyehatkan badan.

Dewasa ini anak muda telah terlalu maju sehingga mereka tidak tau mana makanan yang sehat dan mana yang tidak sehat. Karena itu juga, jenis makanan ini sudah langka karena banyak orang tidak bisa lagi mengolah bahannya begitu juga para ibu usia muda, dominan sudah tidak tau dengan bahan makanan ini bahkan namanya telah mereka lupakan apalagi orang yang tinggal dikota, padahal masakan ini khas untuk berbuka puasa di Aceh dan makanan ini khusus diolah ketika menjelang bulan ramadhan.
Sudah menjadi gaya hidup yang mengarah kembali ke alam (back to nature) membuktikan bahwa hal-hal yang alami bukanlah hal yang kampungan atau ketinggalan zaman, dunia kedokteran modern pun banyak kembali mempelajari obat-obatan tradisional. Tanaman berkhasiat obat telah dipelajari secara ilmiah, hasilnya ternyata mendukung bahwa tanaman obat memang memiliki kandungan zat-zat atau senyawa yang secara klinis terbukti bermanfaat bagi kesehatan. (Muhklisah, 2008:7). Melihat begitu banyak manfaat tanaman obat untuk kesehatan menuntun kita untuk dapat membudidayakan serta mengembangkan berbagai jenis tumbuhan yang terdapat dialam sebagai tanaman yang berkhasiat obat sehingga dapat meningkatkannya pelestarian keanekaragaman bahwa tumbuhan obat tradisional adalah obat tradisional yang berasal dari tumbuhan yang mempunyai khasiat diketahui dari hasil yang secara ilmiah telah terbukti manfaatnya bagi kesehatan dan juga dari peraturan dan pengalaman orang terdahulu.
Begitu juga dengan Wijaya Kusuma (2001:1) memutuskan bahwa gaya hidup ke alam (back to nature) yang manjadi tren saat ini membawa masyarakat kembali memanfaatkan bahan alam termasuk pengobatan dengan tumbuhan berkhasiat obat (herbal) sebenarnya penggunaan herbal sudah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu upaya mengatasi masalah kesehatan. Rasa Bubur Kanji Khas Aceh (Ie Bu Peudah) hampir sama seperti bubur kanji rumbi atau bubur ayam tapi ada yang khas rasa pedasnya, ramuan dedaunan yang bercampur jahe, kunyit  dan lada dapat membuat orang yang mencicipinya rnenjadi segar dan bertenaga. Jika masuk angin bubur ini juga dapat menjadi obat pemanfaatan tumbuhan sebagai obat maupun sebagai pencegahan sudah dilakukan sejak dulu tradisi itu berlangsung terus secara turun-temurun dikalangan keluarga maupun masyarakat.
Adapun tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bubur kanji khas Aceh (Ie Bu Peudah) meliputi beras sebagai bahan pokok, lengkuas, jahe, kunyit, Ketumbar, lada, bawang merah, bawang putih, serai merupakan sebagai bumbu rempah namun bahan lainnya adalah kacang hijau, jagung, daun jeruk purut, daun cengkeh, daun pala, daun salam, daun mengkudu, daun capa, daun saga, daun kari, daun kasembukan, daun pegagan, daun papaya dan kelapa. Adanya kecenderungan masyarakat mengkonsumsi tanaman obat bukan tanpa alasan hal ini terjadi karena obat kimia memiliki beberapa kelemahan antara lain adanya efek samping langsung ataupun tidak langsung, harga cenderung tinggi dan tidak semua obat kimia efektif menyembuhkan penyakit tertentu adanya kelemahan obat kimia ini, justru menjadi faktor unggulnya tanaman obat (Winarto,2004:41).
Berdasarkan kenyataan yang ada maka penulis tertarik dan perlu melakukan penelitian tentang “Identifikasi Jenis Tumbuhan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Bubur Kanji Khas Aceh (Ie Bu Peudah) Di Gampong Lampaya Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar”.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah jenis tumbuhan apa saja yang terdapat di Gampong Lampaya kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar yang digunakan dalam pembuatan bubur kanji (Ie Bue Peudah) dan bagaimana cara pembuatannya?

1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah:
1.    Untuk mengetahui jenis tumbuhan apa saja yang dipergunakan dalam pembuatan bubur kanji khas Aceh Ie Bu Peudah.
2.    Untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya.

1.4    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.    Bagi penulis, untuk menambahkan wawasan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dilapangan khususnya dalam bidang biologi.
2.    Bagi seluruh masyarakat, diharapkan dapat menjadi bahan informasi tentang manfaat tumbuhan berkhasiat untuk dijadikan bahan makanan.
  1. Untuk memperkenalkan kembali penganan tradisional bubur kanji khas Aceh (Ie Bu Peudah) kepada masyarakat secara umum dan remaja khususnya.

1.5  Organisasi Laporan Penelitian
Laporan penelitian ini terdiri dari:
Bab I      :                    Pendahuluan terdiri dari : Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, tujuan Penelitian, dan organisasi Laporan Penelitian.
Bab II    :        Landasan Teoritis terdiri dari : Pengertian Identifikasi, Komunitas Tumbuhan, Tumbuhan yang Berkhasiat Obat, Pengertian Bubur kanji Khas Aceh (Ie Bu Peudah), Jenis-jenis Tumbuhan yang digunakan Dalam Pembuatan Bubur Kanji (Ie Bu Peudah) dan Proses Pembuatan Bubur Kanji Khas Aceh (le Bue Peudah).
Bab III  :        Metode Penelitian terdiri dari : Tempat dan Waktu Penelitian, Objek Penelitian, Alat dan Bahan Penelitian, lnstrumen Penelitian dan   Teknik  Analisis Data.
Bab IV   :        Hasil Penelitian Dan Pembahasan yaitu : Gambaran umum lokasi Penelitian, Pembahasan, Bagian-bagiab tanaman yang dimanfaatkan untuk pembuatan bubur kanji (Ie bu peudah), jenis-jenis tumbuhan yang didapatkan dari lokasi penelitian.
Bab V     :                    Kesimpulan Dan Saran 



FILE LENGKAP HUBUNGI :
CP                   : 0823 – 6120 – 9850
EMAIL           : SUSUKALENG31@GMAIL.COM

 

1 comments:

  1. assalamualaikum, bolle kami minta file lengkap tentang ie bu peudah

    ReplyDelete