01/09/2014

SKRIPSI. Kemampuan siswa SMK Negeri 1 Gandapura dalam menulis laporan kegiatan sekolah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang Masalah
Pembelajaran bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai strategi, pendekatan, model, metode, teknik, dan media pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif dan variatif mulai diterapkan para guru bahasa Indonesia. Tujuan adanya penerapan pola pembelajaran tersebut adalah dalam rangka pencapaian kompetensi siswa dalam bidang-bidang tertentu. Khususnya penguasaan keterampilan dalam bidang bahasa juga mendapat perhatian. Keterampilan berbahasa bukan hanya untuk diketahui, melainkan juga untuk dikuasai oleh siswa. Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yang saling memengaruhi.

Keempat keterampilan berbahasa tersebut adalah mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Yang lebih memprihatinkan, ada pihak yang sangat ekstrim berani mengatakan bahwa tidak ada mata pelajaran Bahasa Indonesia pun siswa dapat berbahasa Indonesia seperti saat ini, asalkan mereka diajari berbicara, membaca, dan menulis oleh guru (Depdiknas 2004:9).
Salah satu keterampilan yang paling sulit penguasaannya adalah keterampilan menulis karena menulis merupakan kegiatan yang menuntut adanya latihan dan membutuhkan ketelitian serta kecerdasan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa cenderung menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan instan. Kenyataan tersebut menjadi kendala dan hambatan bagi siswa untuk melakukan kegiatan menulis secara maksimal.
Untuk itu, agar siswa menyadari bahwa segala sesuatu yang berhasil baik harus melalui proses dan tahapan maka kegiatan menulis harus dilakukan dengan latihan rutin dan terus-menerus karena penguasaan keterampilan menulis sangat bermanfaat bagi siswa untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Keterampilan menulis menjadi suatu keterampilan yang penting untuk dikuasai siswa karena budaya menulis adalah budayanya orang terpelajar. Menulis bukan sekadar menulis, melainkan suatu kegiatan yang menggabungkan pengetahuan intelektual dan berpikir logis yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan bahasa yang efektif dan komunikatif untuk diungkapkan dalam bentuk tulisan.
Keterampilan menulis digunakan untuk mencatat, merekam, meyakinkan, melaporkan, menginformasikan, dan mempengaruhi pembaca. Maksud dan tujuan seperti itu hanya dapat dicapai dengan baik oleh para siswa yang dapat menyusun dan merangkai jalan pikiran serta mengemukakannya secara tertulis dengan jelas, lancar, dan komunikatif. Mengingat pentingnya pembelajaran menulis, maka tidak heran jika menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Bahkan, saat menempuh pendidikan tingkat SMP dan SMA, siswa diwajibkan menulis karangan ilmiah berupa makalah maupun laporan berbentuk karya tulis sebagai tugas akhir.
Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan. Laporan termasuk salah satu bentuk karya ilmiah. Oleh karena itu, penulisan laporan harus ditulis dengan bahasa Indonesia baku. Bahasa Indonesia baku ialah bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah atau tata bahasa resmi. Wahyudi dan Darmiyati (2009:41) menyatakan bahwa kaidah yang digunakan untuk penulisan kata baku adalah 3  buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD), Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Laporan kegiatan adalah suatu ikhtisar tentang hal ikhwal pelaksana suatu kegiatan, yang harus disampaikan oleh pembina kepada pihak yang memberi tugas sebagai pertanggungjawaban.
Dari peristiwa dan teori tersebut diatas, penulis sangat tertarik untuk melakukan penelitian langsung mengenai kemampuan siswa yang nantinya diharapkan penelitian ini dapat memberi manfaat. Adapun redaksi judul penelitian ini adalahKemampuan siswa SMK Negeri 1 Gandapura dalam menulis laporan kegiatan sekolah”.
1.2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang diajukan dalam kegiatan penelitian ini: Bagaimana kemampuan siswa SMK Negeri 1 Gandapura dalam menulis laporan kegiatan sekolah?
1.3.       Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan siswa SMK Negeri 1 Gandapura dalam menulis laporan kegiatan sekolah.



1.4.       Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini tentu diharapkan dapat memberikan hasil yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Apabila hasil penelitian ini terbukti, diharapkan penelitian ini akan bermanfaat secara teoritis dan praktis.
1)   Secara teoretis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kajian dan informasi yang berarti tentang kemampuan siswa dalam menulis laporan kegiatan sekolah
2)   Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat sebagai  berikut:
a.    Bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk  meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis. Selain itu, tindakan yang diterapkan guru di kelas dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan  belajar menulis sehingga keterampilan menulis mereka meningkat.
b.    Bagi guru Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Gandapura, hasil  penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan guru dalam  menghadapi permasalahan dalam pembelajaran di kelas terutama permasalahan  yang berkaitan dengan kesulitan menulis laporan kegiatan sekolah.
c.    Bagi sekolah, karena hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai  pengembangan proses pengajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan  keterampilan menulis siswa SMK Negeri 1 Gandapura
1.5.       Definisi Operasional
1)      Kemampuan adalah perpaduan antara teori dan pengalaman yang diperoleh dalam praktek di lapangan, termasuk peningkatan kemampuan menerapkan teknologi yang tepat dalam rangka peningkatan produktivitas kerja
2)      Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan, atau menghibur.
3)      Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang sesuatu keadaan atau suatu kegiatan yang berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada pelapor.


FILE LENGKAP HUBUNGI : 0823 – 6120 - 9850

0 comments:

Post a Comment