01/09/2014

SKRIPSI. Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMA Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2012-2013”



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakangMasalah

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran  jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan kegiatan olahraga merupakan investasi jangka panjang dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia. Hasil yang diharapkan tentu akan diperoleh dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu usaha pembinaan bagi anak didik harus terus dilaksanakan dengan ketekunan, kesabaran dan keikhlasan untuk berkorban.


Salah satucabangolahraga yang wajibdiajarkandisekolahadalahatletik.Atletikmerupakanindukdariberbagaicabangolahraga, sehinggapembinaandalamcabangatletikinidapatmenjadidasardalampencapaianprestasicabangolahraga lain. Unsur-unsurdalamatletikadalahjalan, lari, lompatdanlempar.Lompatjauhmerupakansalahsatunomordalamatletik yang wajibdiajarkanpadasiswaSekolahDasar (SD).
Tujuanutamadalammelakukanlompatjauhadalahuntukmencapaijaraklompatan yang sejauh-jauhnya.Untukdapatmencapaijaraklompatan yang sejauh-jauhnyaseorangpelompatharusmemilikikondisifisikdanpenguasaanteknik yang baik.Menurut Gunter Bernhard (1993:45), unsur-unsurdasarbagipenentuprestasipadalompatjauhdanunsurpenunjangnya.

a.    Faktor-faktorkondisi, terutamakecepatan, tenagaloncatdantujuan yang diarahkanpadaketerampilan.

b.    Faktor-faktorteknikancang-ancang, persiapanloncatdanperpindahan, fasemelayangdanpendaratan.

Jadiuntukdapatmencapaidanmeningkatkanprestasilompatjauhharusdikembangkanunsurfisikdanteknik. Untukdapatmengembangkanfisikdanteknikseorangpelompat, makadiperlukanlatihan yang berkualitasdanberkuantitas.Kegiatanolahragaatletikkhususnyalompatjauh yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh Barat Dayaadalahsalahsatuwadahuntukmengembangkanbakatdanminatsertaketerampilansiswa.

Dari latarbelakangmakapenelitiingimlihatsejauhmanakemampuansiswadalammelakukanaktifitaslompatjauh di SMA Negeri 1 Tangan-tangandenganmelihathasilkemampuanlompatjauh. Dari uraian di atasmakapenelitiinginmencobamenelitisecarailmiahmengenai“KemampuanLompatJauhSiswa SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh Barat DayaTahunPelajaran 2012-2013

1.2  Rumusan masalah
Berdasarkan uraian diatas maka yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMA Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2012-2013?
1.3  Tujuan penelitian
TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiKemampuanLompatJauhSiswa SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh Barat DayaTahunPelajaran 2012-2013.
1.4  Manfaat penelitian
1.4.1    Manfaat Teoritis
Adapun yang menjadi manfaat teoritis dalam penelitian ini adalah
a.       Sebagai wahana memperdalam ilmu keolahragaan dalam cabang olahraga  atletik khususnya pada nomor lompat jauh.
b.      Sebagai upaya meningkatkan pembelajaran diri dalam memadukan konsep yang baik secara teori maupun praktik dari hasil selamamelakukan  penelitian.
1.4.2    Manfaat Praktis
Adapun yang menjadimanfaatpraktisdalampenelitianiniadalah:

a.      Hasilpenelitiandiharapkandijadikansebagaimasukanbagisekolahdalamupayamemperbaiki proses pembelajaranlompatjauhmelaluiberbagaistrategi yang dilakukanoleh guru.
b.      Bagiperkembanganilmupengetahuan, hasilpenelitiandapatmemberikaninformasidalamupayameningkatkanhasilbelajar yang baik
1.5  Anggapan Dasar
Anggapandasaradalahanggapanterhadapsuatumasalah yang sebenarnyatidakperludibuktikanlagi.Anggapaninimenjadititikpangkaldalamusahamelakukanpenelitian.Arikunto (2003:37) menyatakan “Anggapandasaradalahsesuatu yang diyakinikebenarannyaolehpeneliti yang akanberfungsisebagaihal-hal yang dipakaiuntuktempatberpijakbagipeneliti di dalammelaksanakanpenelitiannya”.Adapunangggapandasardalampenelitianiniadalah: Kemampuanlompatjauh yangdiukurkepadasiswa.
1.6  PertanyaanPenelitian
Berdasarkan anggapan dasar di atas, penulis merasa pelu merumuskan suatu pertanyaanpenelitian, yaitu sebagai petunjuk untuk memecahkan masalah yang telah dirumuskan. Hipotesis adalah suatu jawaban sementara terhadap penelitian yang sedang diteliti kebenarannya yang membutuhkan penyelidikan dan penelitian (Arikunto, 2006:65). Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah: sejauhmanaKemampuan Lompat Jauh Siswa SMA Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2012-2013



FILE LENGKAP HUBUNGI :
CP                   : 0823 – 6120 – 9850
EMAIL           : SUSUKALENG31@GMAIL.COM


.

0 comments:

Post a Comment