BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakangMasalah
Pendidikan Jasmani Olahraga
dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan,
bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran
jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial,
penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan
lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih
yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan kegiatan olahraga merupakan investasi jangka panjang dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia. Hasil
yang diharapkan tentu akan diperoleh dalam waktu yang cukup lama.
Oleh karena itu usaha pembinaan bagi anak didik harus terus dilaksanakan dengan ketekunan,
kesabaran dan keikhlasan untuk berkorban.
Salah
satucabangolahraga yang
wajibdiajarkandisekolahadalahatletik.Atletikmerupakanindukdariberbagaicabangolahraga,
sehinggapembinaandalamcabangatletikinidapatmenjadidasardalampencapaianprestasicabangolahraga
lain. Unsur-unsurdalamatletikadalahjalan, lari,
lompatdanlempar.Lompatjauhmerupakansalahsatunomordalamatletik yang
wajibdiajarkanpadasiswaSekolahDasar (SD).
Tujuanutamadalammelakukanlompatjauhadalahuntukmencapaijaraklompatan
yang sejauh-jauhnya.Untukdapatmencapaijaraklompatan yang
sejauh-jauhnyaseorangpelompatharusmemilikikondisifisikdanpenguasaanteknik yang
baik.Menurut Gunter Bernhard (1993:45),
unsur-unsurdasarbagipenentuprestasipadalompatjauhdanunsurpenunjangnya.
a. Faktor-faktorkondisi,
terutamakecepatan, tenagaloncatdantujuan yang diarahkanpadaketerampilan.
b. Faktor-faktorteknikancang-ancang,
persiapanloncatdanperpindahan, fasemelayangdanpendaratan.
Jadiuntukdapatmencapaidanmeningkatkanprestasilompatjauhharusdikembangkanunsurfisikdanteknik.
Untukdapatmengembangkanfisikdanteknikseorangpelompat, makadiperlukanlatihan
yang berkualitasdanberkuantitas.Kegiatanolahragaatletikkhususnyalompatjauh yang
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh Barat Dayaadalahsalahsatuwadahuntukmengembangkanbakatdanminatsertaketerampilansiswa.
Dari
latarbelakangmakapenelitiingimlihatsejauhmanakemampuansiswadalammelakukanaktifitaslompatjauh
di SMA Negeri 1 Tangan-tangandenganmelihathasilkemampuanlompatjauh. Dari uraian
di atasmakapenelitiinginmencobamenelitisecarailmiahmengenai“KemampuanLompatJauhSiswa SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh
Barat DayaTahunPelajaran 2012-2013”
1.2
Rumusan
masalah
Berdasarkan
uraian diatas maka yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana
Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMA Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat
Daya Tahun Pelajaran 2012-2013?
1.3
Tujuan
penelitian
TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiKemampuanLompatJauhSiswa
SMA Negeri 1 Tangan-TanganKabupaten Aceh Barat DayaTahunPelajaran 2012-2013.
1.4
Manfaat
penelitian
1.4.1 Manfaat Teoritis
Adapun yang menjadi manfaat teoritis dalam penelitian ini adalah
a. Sebagai
wahana memperdalam ilmu keolahragaan dalam cabang olahraga atletik khususnya pada nomor lompat jauh.
b. Sebagai
upaya meningkatkan pembelajaran diri dalam memadukan konsep yang baik secara
teori maupun praktik dari hasil selamamelakukan penelitian.
1.4.2
Manfaat Praktis
Adapun yang
menjadimanfaatpraktisdalampenelitianiniadalah:
a. Hasilpenelitiandiharapkandijadikansebagaimasukanbagisekolahdalamupayamemperbaiki
proses pembelajaranlompatjauhmelaluiberbagaistrategi yang dilakukanoleh guru.
b. Bagiperkembanganilmupengetahuan,
hasilpenelitiandapatmemberikaninformasidalamupayameningkatkanhasilbelajar yang
baik
1.5
Anggapan
Dasar
Anggapandasaradalahanggapanterhadapsuatumasalah
yang sebenarnyatidakperludibuktikanlagi.Anggapaninimenjadititikpangkaldalamusahamelakukanpenelitian.Arikunto
(2003:37) menyatakan “Anggapandasaradalahsesuatu yang
diyakinikebenarannyaolehpeneliti yang akanberfungsisebagaihal-hal yang
dipakaiuntuktempatberpijakbagipeneliti di dalammelaksanakanpenelitiannya”.Adapunangggapandasardalampenelitianiniadalah: Kemampuanlompatjauh yangdiukurkepadasiswa.
1.6
PertanyaanPenelitian
Berdasarkan
anggapan dasar di atas, penulis merasa pelu merumuskan suatu pertanyaanpenelitian,
yaitu sebagai petunjuk untuk memecahkan masalah yang telah dirumuskan.
Hipotesis adalah suatu jawaban sementara terhadap penelitian yang sedang
diteliti kebenarannya yang membutuhkan penyelidikan dan penelitian (Arikunto,
2006:65). Adapun yang menjadi pertanyaan
dalam penelitian ini adalah: sejauhmanaKemampuan
Lompat Jauh Siswa SMA Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun
Pelajaran 2012-2013
FILE LENGKAP HUBUNGI :
CP :
0823 – 6120 – 9850
EMAIL :
SUSUKALENG31@GMAIL.COM
.
0 comments:
Post a Comment